4 Gaya Berpikir Manusia, Anda termasuk yang mana?


Mengetahui gaya berpikirmu sendiri akan memberi pandangan tentang perilaku diri kamu sendiri dan orang-orang disekitarmu.
Setiap orang yang mempelajari cara kita berpikir dan belajar telah menemukan 4 cara unik yang disukai oleh otak kita untuk memproses informasi. Kita menyebutnya Terstuktur, Logis, Eksplorasi dan Fleksibel. 


Keempat cara atau gaya berpikir tersebut akan membentuk keempat kategori yang secara umum menggambarkan gaya berpikir utama didunia.
Pemikir Terstuktur dan Pemikir Logis lebih suka memakai otak bagian kiri mereka, sedangkan Pemikir Fleksibel dan Pemikir Eksplorasi lebih suka memakai otak bagian kanan mereka untuk memproses informasi.
Baca juga :

Setiap Cara atau Gaya berpikir kita memiliki kekuatan unik yang bisa kita gunakan untuk memahami cara kita belajar, dan melihat sebuah manfaat dari pemikiran orang lain.

Berikut 4 Gaya Berpikir Manusia :

 1. Pemikir Terstuktur
Ilustrasi pemikir terstuktur 

Pemikir Terstuktur memproses sebuah informasi dengan cara yang teratur dan selangkah demi selangkah. Dunia mereka terdiri dari hal-hal yang bisa mereka lihat, sentuh, dengar, dan rasa. Mereka perfeksionis yang berorientasi pada detail dan belajar saat melakukan sesuatu. Pemikir Terstuktur jago dalam Rumus, fakta, daftar, dan Tanggal.

 2. Pemikir Fleksibel
Ilustrasi pemikir fleksibel

Pemikir Fleksibel hidup didunia perasaan dan emosi. Kebanyakan orang menganggap Pemikir Fleksibel itu ramah. Mereka perlukan waktu untuk merenung dan meresapi informasi baru yang bisa mereka serap sebelum membuat keputusan atau opini. pemikir fleksibel ingin melihat gambaran keseluruhan sebelum masuk ke sesuatu yang detail, dan mereka kurang menyukai lingkungan terstruktur.

 3. Pemikir Logis 
Ilustrasi pemikir logis

Pemikir Logis hidup di dunia teori dan pemikiran. Mereka senang menganalisis sesuatu. pemikir logis sangat ahli dalam melakukan penelitian karena mereka bisa menemukan ide dan informasi penting, terutama jika tertata dengan baik. Mereka berpikir secara logis dan rasional serta mengajukan pertanyaan untuk mengetahui kenapa, juga bagaimana, dibalik segala hal. 

 4.  Pemikir Eksplorasi 
Ilustrasi pemikir eksplorasi

Pemikir Eksplorasi hampir sama dengan pemikir terstruktur, tapi perilaku mereka lebih tidak terstruktur dan menyukai eksperimen. Mereka lebih ke kreatif dan terbuka pada lompatan intuitif, dan bukan pendekatan pemikir terstruktur yang selangkah demi selangkah. Saat mengerjakan suatu project mereka cenderung menyukai prosesnya dibandingkan dengan hasilnya. Kadang mereka tak menyadari waktu dan tak bisa menyelesaikan tepat waktu, namun mereka juga mencari cara kreatif baru untuk bertindak dan mengeksplorasi ide ide dan sistem baru.

Apa Gayamu? 
Setelah anda membaca isi artikel diatas kira-kira anda masuk ke gaya berpikir yang mana, tuliskan di kolom komentar oke.

Oke mungkin cukup sampai disini untuk artikelnya. 
Semoga Artikel ini bisa bermanfaat. 
Sekian dan terimakasih.